3 Tips Puasa agar Lancar dan Tetap Sehat

Yunike Purnama - Minggu, 03 April 2022 06:44
3 Tips Puasa agar Lancar dan Tetap Sehat Ilustrasi tips menjalankan ibadah puasa. (sumber: unsplash)

BANDARLAMPUNG - Ibadah puasa yang merupakan salah satu rukun Islam. Pada bulan suci Ramadan umat muslim percaya bahwa ada banyak keberkahan di mana pintu ampunan dibuka. Sementara pahala dilimpahkan sebanyak-banyaknya oleh Allah.

Oleh karena itu, bulan puasa selalu disambut dengan kebahagiaan dan kegembiraan. Umat islam menyambut bulan puasa dengan suka cita bahkan berharap bisa bertemu lagi dengan bulan Ramadan.

Itu mengapa Ramadan menjadi waktu yang tepat bagi umat muslim untuk mendekatkan diri pada Allah. Ada banyak ibadah yang bisa dilakukan di bulan Ramadan, terutama puasa selama satu bulan penuh.

Seluruh umat muslim yang telah baligh diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Selain itu, ada pula ibadah sunnah di bulan Ramadan yang sangat dinantikan umat muslim, yaitu ibadah salat tarawih.

Berikut tiga tips agar puasa berjalan lancar dikutip dari Amazfit, Apa saja tips tersebut?

Sahur

Pertama, wajib untuk melaksanakan sahur dan berbuka dengan kadar gizi yang cukup. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sampai melewatkan waktu sahur.

Hal ini dikarenakan agar tidak terjadi defisit energi yang drastis pada pagi hari yang dapat mengganggu aktivitas selama seharian seperti lemas dan mengantuk. Karena fungsi sahur sama seperti fungsi sarapan di hari-hari yang lain.

Buka Puasa

Selanjutnya, hindari juga aksi “balas dendam” pada saat tiba waktunya berbuka puasa. Hal ini biasa terjadi bagi mereka yang selama seharian penuh menjalani ibadah puasa dan ketika tiba waktunya berbuka mereka cenderung berbuka puasa dengan berlebihan.

Hal ini tidak disarankan dikarenakan lambung tidak sanggup dan kaget untuk memproses makanan-makanan yang banyak di waktu yang bersamaan secara tiba-tiba. Nantinya lambung akan menjadi cepat lelah dan mengganggu kesehatan lambung dalam jangka waktu panjang.

Selain perut begah sebagai efek jangka pendeknya, untuk efek jangka panjang yang ditakutkan adalah akan muncul efek-efek gangguan pencernaan lainnya. Dan yang terakhir, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air harian agar tubuh tetap terhidrasi secara baik.

Berolahraga Secara Rutin

Tidur memang dihitung sebagai ibadah yang dikhususkan pada saat bulan suci Ramadhan, tapi bukan berarti hal ini untuk absen dari kegiatan rutin berolahraga. Karena berolahraga terbukti bisa menambah energi kita agar tidak mudah lelah untuk berkegiatan sehari-hari.

Pada saat puasa tentunya olahraga yang tidak terlalu berat karena memforsir tenaga saat berpuasa dapat berefek buruk juga untuk kesehatan. Beberapa contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan seperti push up, yoga, membersihkan rumah, dan lain-lain.

Poinnya adalah untuk membuat tubuh tetap bergerak dalam kurun waktu yang konsisten selama seharian berpuasa. Setidaknya kita harus bergerak selama satu menit ketika kita sudah menghabiskan waktu bekerja sambil duduk selama 30 menit.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS