10 Bank Dengan Bunga KPR Paling Murah

Yunike Purnama - Kamis, 04 Maret 2021 16:21
10 Bank Dengan Bunga KPR Paling MurahIlustrasi suku bunga KPR. (sumber: OJK)

Kabarsiger.com - Sejumlah bank menawarkan suku bunga rendah untuk kredit pemilikan rumah (KPR). Bank mana yang paling rendah?

Beragam fasilitas sedang mengalir deras bagi KPR. Mulai dari pembebasan uang muka sampai pemotongan pajak pertambahan nilai hingga 100 persen untuk rumah baru yang harganya di bawah Rp2 miliar, dan potongan 50 persen untuk harga Rp2-5 miliar.

Dengan beragam fasilitas itu, boleh jadi sekarang merupakan saat paling tepat untuk membeli rumah. Dari daftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat 10 bank yang menawarkan suku bunga KPR terendah, seperti tercermin dalam laporan suku bunga dasar kredit bank kepada otoritas tersebut.

Per Januari 2021, suku bunga pada 10 bank ini, berada di bawah rata-rata suku bunga KPR dari 95 bank, yang mencapai 9,73 persen. Pada periode itu, bunga KPR terendah ditawarkan oleh Bank Digital BCA.

Bank yang sebelum dibeli BCA bernama Bank Royal ini menawarkan KPR dengan tingkat suku bunga hanya 6,94 persen atau 279 basis poin di bawah rata-rata suku bunga KPR nasional.

Tawaran suku bunga rendah ini mungkin akan mendorong animo masyarakat untuk membeli rumah. Dalam beberapa tahun terakhir, penyaluran KPR melambat, tumbuh lebih rendah dari tahun sebelumnya. Tahun 2020, pertumbuhan KPR hanya 3,5 persen, sedangkan 2019 tumbuh 7,8 persen.

Meski lambat, pertumbuhan KPR jauh lebih baik ketimbang penyaluran total kredit yang malah minus 2,4 persen. Kredit bermasalah (non performing loan - NPL) KPR juga cenderung stabil. Dari Rp496,6 triliun yang disalurkan pada 2020, hanya 2,5 persen yang bermasalah.

Beragam insentif untuk kepemilikan rumah yang disediakan pemerintah merupakan bagian dari ikhtiar mendorong konsumsi masyarakat, komponen terbesar dalam produk domestik bruto (PDB). Mendorong konsumsi berarti mendorong pertumbuhan ekonomi.(*)

Bagikan:
Yunike Purnama

Yunike Purnama

RELATED NEWS