Ternyata Tak Cuma Mobil, Harga Rumah Juga Turun

Yunike Purnama - Rabu, 17 Februari 2021 00:15
Ternyata Tak Cuma Mobil, Harga Rumah Juga TurunIlustrasi perumahan. (sumber: Antara Foto)

Kabarsiger.com - Tak cuma mobil yang mengalami penurunan harga, karena pemerintah memberlakukan insentif berupa penghapusan dan diskon PPnBM. Harga rumah dan properti lainnya juga menunjukkan tren penurunan. Hal ini berdasarkan Rumah.com Property Market Index (RIPMI) pada kuartal IV 2020.

Country Manager Rumah.com, Marine Novita, menjelaskan tren penurunan harga itu terjadi akibat lesunya permintaan. Di tengah situasi tersebut, pasokan rumah dan produk properti lainnya justru meningkat.

“Data Rumah.com Indonesia Property Market Index Q1 2021 menunjukkan terjadinya penurunan harga properti, kenaikan suplai, dan turunnya permintaan secara nasional pada Q4 2020 kemarin. Indeks properti pada Q4 2020 memang tidak terlihat menggembirakan,” katanya melalui keterangan resmi, Selasa (16/2/2021).

Marine mengungkapkan, kuartal genap khususnya Q4 dari tahun ke tahun memang selalu menunjukkan perlambatan kenaikan harga dan pencarian produk properti. Tapi baru kali ini terjadi penurunan harga baik secara kuartalan dan tahunan, sehingga low season ini lebih terasa di tengah pandemi yang masih berlangsung.

Menurutnya, penurunan indeks harga properti paling besar terlihat di sektor apartemen. Yakni ada pada angka 112,5 pada Q4 2020, turun 0,3 persen dibandingkan Q3 2020, sedangkan jika dibandingkan Q4 2019 penurunannya lebih dalam yakni 2,5 persen. Sementara itu untuk rumah tapak berada pada angka 115,6 pada Q4 2020, turun sebesar 0,4 persen dibanding kuartal sebelumnya namun secara tahunan masih tercatat naik sebesar 0,3 persen.

Berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index, turunnya indeks harga pada Q4 2020 disebabkan oleh penurunan di sejumlah wilayah.

Marine menyebut, Data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) ini memiliki akurasi yang cukup tinggi, untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia. Karena indeks ini merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.(*)

Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS