Prediksi WHO Sama dengan Bill Gates, Pandemi Covid-19 Berakhir di Tahun 20

Yunike Purnama - Jumat, 26 Februari 2021 16:01
Prediksi WHO Sama dengan Bill Gates, Pandemi Covid-19 Berakhir di Tahun 20Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa, Hans Kluge. (sumber: Twitter.com/@hans_kluge)

Kabarsiger.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bagian direktur regional untuk Eropa Hans Kluge menyampaikan bahwa pada awal tahun 2022, pandemi Covid-19 akan berakhir.

Hal tersebut disampaikan oleh Hans Kluge kepad penyiar negara bagian Denmark DR bahwa Covid-19 di tahun yang akan datang akan lebih mudah ditangani daripada tahun 2020 ini tetapi penyebarannya masih terus berlanjut.

Direktur WHO untuk Eropa tersebut meyakini bahwa skenario terburuk dari sekarang telah berakhir dan informasi mengenai Covid-19 akan ada lebih banyak dibandingkan dengan tahun 2020 ketika pertama kali menyebar dulu.

“Virus akan terus ada, tapi menurut saya pembatasan tidak diperlukan. Ini pesan yang optimis,” ucap Hans Kluge dilansir dari Reuters pada Kamis (25/2/2021).

Hans Kuge juga menambahkan bahwa yang harus jadi perhatian adalah penyebarannya yang luas, karena jika mutasi adalah normal dan virus mencoba untuk baradaptasi pada orang yang terinfeksi.

Keefektifan dari vaksin sendiri kini sedang dipantau oleh WHO saat ini guna untuk mengatasi Covid-19 karena virus tersebut cepat untuk menyebar.

Hans Kulge mengatakan vaksin dapat diubah berdasarkan mutasi baru jika perlu dan tidak perlu diproduksi dari awal.

Dia mengatakan mutasi tidak akan membuat virus lebih ganas tetapi negara-negara yang sistem perawatan kesehatannya belum optimal dapat berada di bawah tekanan yang lebih besar dan perlu menanggapi mutasi dengan sangat serius.

Dari Huns Kluge, ia menunjukkan bahwa masalah terbesar akan muncul ketika mereka yang divaksinasi berada di lingkungan yang sama dengan yang tidak sehingga penjadwalan vaksinasi ini menjadi faktor yang sangat penting.

Prediksi WHO ini selaras dengan prediksi dari pendiri Microsoft yaitu Bill Gates yang mengatakan bahwa pandemi Covid-19 berakhir di paruh pertama 2022.

“Meskipun masih perlu ada beberapa pembatasan (seperti pertemuan publik) jumlah kasus positif dan kematian akan mulai menurun dan kehidupan akan semakin dekat dengan normal,” ucap Bill Gates.

Bill Gates menggambarkan dirinya sebagai orang yang ‘kagum’ dengan pencapaian yang diraih para ilmuwan dalam waktu satu tahun.

“Manusia tidak pernah membuat kemajuan pesat dalam hal penyakit apa pun dibandingkan saat menangani Covid-19 tahun ini,” papar Bill Gates.

“Dalam keadaan normal, membuat vaksin bisa memakan waktu 10 tahun. Kali ini, banyak vaksin dibuat dalam waktu kurang dari satu tahun,” sambungnya.

Saat ini ada lima vaksin yang tersedia dan digunakan di berbagai dunia yaitu Pfizer-BioNTech, AstraZeneca, Moderna, Sputnik V, dan CoronaVac.

Tiga dari vaksin yaitu Pfizer, Modern dan Sputnik V memiliki kemanjuran sekitar 90 persen sedangkan AstraZeneca memiliki sekitar 70 persen, dan CoronaVac belum ada informasi pasti dari Tiongkok.

Para peneliti di Brasil awalnya mengatakan 78 persen efektif dalam uji klinis mereka, tetapi pada Januari 2021 merevisinya menjadi 50,4 persen setelah memasukkan lebih banyak data dalam perhitungan mereka.

Bill Gates mendesak agar tidak ada yang berhenti dalam memerangi Covid-19 dan menyerukan tes yang lebih baik dengan hasil yang lebih cepat.(*)

Bagikan:
Yunike Purnama

Yunike Purnama

RELATED NEWS