Pemerintah Catat Transaksi Pasar Digital UMKM Capai Rp11,4 Triliun

Teknologi & Sains 15 Feb 2021, By Redaksi
Pemerintah Catat Transaksi Pasar Digital UMKM Capai Rp11,4 Triliun Ilustrasi transaksi digital produk UMKM. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Kabarsiger.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat nilai transaksi dari program Pasar Digital (PaDi) UMKM mencapai Rp 11,4 triliun hingga Januari 2021. Program tersebut dijalankan oleh sembilan BUMN sejak tahun lalu.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI, PT Pegadaian (Persero), PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, PT Pertamina (Persero), PT Telkom Indonesia, Pembangunan Perumahan (PP), PT Waskita Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) atau Wika dan PT Pupuk Indonesia (Persero).

"Sejak mulai pada Agustus 2020 sampai hari ini, kita sudah melakukan sinergi melalui launching PaDi UMKM dengan sembilan BUMN, di mana, total transaksi yang dilakukan sampai dengan akhir Januari 2021 mencapai Rp11,4 triliun," ungkap Wakil Menteri (Wamen) BUMN I Pahala Nugraha Mansury dalam Youtube BUMN, Senin (15/2/2021).

Pahala menuturkan, lewat pasar digital tersebut interaksi antara BUMN dan UMKM lebih mudah dalam memfasilitasi kebutuhan UMKM melalui skema pengadaan.

Menurutnya, sebelum adanya program PaDi UMKM, masing-masing BUMN disebut sulit untuk menemukan UMKM di wilayah yang berbeda-beda selama ini.

"Dulu kami masih mencari UMKM di wilayah masing-masing. Dengan adanya inisiatif PaDi UMKM, kebutuhan untuk bisa mempertemukan UMKM dan BUMN bisa difasilitasi lebih baik lagi," jelas Pahala.

Dia menambahkan, dengan menggelar PaDi UMKM Virtual Expo 2021, diharapkan dapat meningkatkan sinergi BUMN dengan pelaku usaha tersebut.

Diketahui, expo tersebut mulai digelar hari ini hingga (22/2) dengab lebih dari 2.000 buyer group atau pengujung BUMN yang tercatat bakal hadir mengunjungi 244 lapak UMKM.

"Penyelanggara PaDi UMKM Expo 2021 ini kami harapkan bisa menjadi bagian penting dari berbagai kebijakan, program, dan kegiatan di Kementerian BUMN," pungkas Pahala. (*)

Yunike Purnama

Yunike Purnama