OJK Restui Ultra Voucher untuk IPO, Tawarkan Rp100/Saham

Yunike Purnama - Minggu, 18 Juli 2021 19:02
OJK Restui Ultra Voucher untuk IPO, Tawarkan Rp100/Saham (sumber: null)

Kabarsigercom, JAKARTA - PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui proses Initial Public Offering (IPO). Perseroan secara resmi memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 15 Juli 2021 dengan kode saham UVCR.

Direktur Utama Ultra Voucher Hady Kuswanto mengaku berterima kasih atas dukungan regulator dan pihak penjamin serta seluruh pihak untuk melancarkan proses Ultra Voucher menuju IPO. Ia berharap langkah ini bisa memberi nilai tambah.

"Semoga kehadiran kami nantinya di pasar modal akan memberikan nilai tambah yang optimal kepada stakeholders dan shareholders melalui transformasi bisnis yang kami lakukan," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (18/7/2021).

Seiring memperoleh pernyataan efektif ini, OJK menetapkan saham UVCR sebagai Efek Syariah. Berdasarkan ketentuan regulator, efek syariah adalah saham dari perusahaan yang produk, jenis bisnis, jasa, dan akad serta pengelolaannya tidak bertentangan dengan prinsip syariah seperti riba, judi, dan lainnya.

Ultra Voucher telah menunjuk PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia sebagai Join Lead Underwriters (JLU) atau Penjamin Pelaksana Emisi Efek bersama PT NH Korindo Sekuritas Indonesia dan PT Surya Fajar Sekuritas.

Berdasarkan prospektus, Ultra Voucher menawarkan harga saham IPO UVCR di level Rp100 per saham. Dengan demikian dana yang akan terkumpul ditargetkan sebesar Rp50 miliar dari pelepasan 500 juta lembar saham atau 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Secara bersamaan, Ultra Voucher juga akan menerbitkan 250 juta Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau sebanyak-banyaknya 16,67 persen. Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham Baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada tanggal penjatahan dengan ketentuan setiap pemegang dua Saham maka berhak memperoleh satu Waran Seri I.

Chief Operating Officer Ultra Voucher Riky Boy Permata mengungkapkan dana yang diperoleh dari hasil IPO akan digunakan untuk pengembangan produk dan fitur sebagai bagian dari transformasi bisnis, serta penambahan channel distribusi melalui ekspansi hingga ke negara-negara di Kawasan ASEAN.

"Transformasi bisnis yang akan kami lakukan yakni pengembangan produk yang lebih besar seperti Everyday Services salah satunya produk investasi. Selain itu kami akan ekspansi dengan membuka kantor cabang di luar Indonesia, yakni menyasar negara-negara di ASEAN," ujar Riky.

Dana hasil IPO UVCR akan digunakan sekitar 36 persen untuk belanja modal termasuk pengembangan produk dan fitur, 34 persen untuk beban operasional termasuk penambahan sumber daya manusia, software, channel distribusi, dan 30 persen untuk peningkatan modal kerja termasuk pembelian persediaan voucher.

Riky mengungkapkan Ultra Voucher juga termasuk sebuah aplikasi dan features pelengkap atau supporting dari berbagai platform, perusahaan dan bank digital. Secara fundamental, bisnis Ultra Voucher menunjukkan performa positif. Per Maret 2021, laba bersih tahun berjalan tercatat Rp543,49 juta dengan total penjualan Rp194,48 miliar.

Direktur PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia Mukti Wibowo Kamihadi menjelaskan tahapan dari rencana IPO Ultra Voucher terus berlanjut dan telah memperoleh pernyataan efektif dengan target pelaksanaan listing day pada 27 Juli 2021.

"Kami optimistis, saham UVCR akan sangat menarik untuk investor selain fundamental yang bagus dan berkesinambungan, prospek pengembangan bisnis juga terbuka lebar untuk menjadi perusahaan anak bangsa yang dapat berdaya saing global," ungkapnya.

Dengan diterbitkannya pernyataan efektif tersebut, UVCR akan menggelar penawaran umum perdana pada 19 sampai 23 Juli 2021, penjatahan pada 23 Juli 2021, distribusi pada 26 Juli 2021. Selanjutnya, listing UVCR di BEI direncanakan pada 27 Juli 2021. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags IPOojkBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS