LG Resmi Tutup Bisnis Smartphone Per Juli 2021

Yunike Purnama - Selasa, 06 April 2021 14:23
LG Resmi Tutup Bisnis Smartphone Per Juli 2021Ilustrasi smartphone LG. (sumber: Ist)

Kabarsiger.com - Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, LG Electronics Inc. mengumumkan akan menutup bisnis smartphone atau ponsel pintar-nya dengan mengakhiri produksi dan penjualan produk ponsel per 31 Juli mendatang.

Perusahaan itu bakal memfokuskan bisnis pada kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), rumah pintar, robotika dan kecerdasan buatan, demikian dikatakan dalam sebuah pernyataan LG dilansir Bloomberg, Senin (5/4/2021).

Dilaporkan 8,2% penjualan dari bisnis ponsel mengalami kerugian. Perusahaan itu mengharapkan dengan adanya penutupan bisnis tersebut dapat menguntungkan secara finansial dalam jangka panjang.

Saham LG dikabarkan naik sebanyak 4,1% setelah pengumuman tersebut. Saham Afiliasi LG Display Co. juga dilaporkan naik sebanyak 6,3%.

LG sendiri diketahui sebagai salah satu pelopor sistem operasi Android, berkolaborasi dengan Google Alphabet Inc. di lini ponsel cerdas Nexus dan memproduksi beberapa kamera dan teknologi tampilan terbaik di masa-masa awal kategori tersebut.

Di Amerika Serikat, perusahaan tersebut berada di urutan ketiga di belakang iPhone Apple Inc. dan sesama raksasa Korea Selatan Samsung Electronics Co dalam memasarkan smartphone. Namun, belakangan tahun ini kompetitif LG menurun dan perusahaan baru Tiongkok, OnePlus, telah menggantikannya di tengah pangsa pasar global.

LG telah memperluas bisnis komponen kendaraannya dan bermitra dengan Magna International Inc. untuk usaha patungan membuat suku cadang penting untuk EV. Saham pembuat elektronik yang berbasis di Seoul itu melonjak lebih dari 30% sejak pengumuman tersebut, didorong oleh harapan bahwa kolaborasi tersebut dapat berkontribusi pada proyek EV Apple.

Keahlian LG dalam mengembangkan teknologi seluler dapat membantu penawarannya di ruang otomotif, seperti dalam mendeteksi niat pengguna, kantuk, atau interaksi isyarat. (*)

Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS