Ini Trik Menabung Buat Kamu Punya Gaji Rp3 Juta

Yunike Purnama - Sabtu, 06 Maret 2021 16:20
Ini Trik Menabung Buat Kamu Punya Gaji Rp3 JutaIlustrasi tips mengatur keuangan di tengah pandemi COVID-19. (sumber: Unsplash)

Kabarsiger.com - Awal bulan bagi karyawan adalah momentum untuk kembali membeli kebutuhan pribadi maupun rumah tangga.

Tapi terkadang, memiliki gaji standar membuat banyak orang terpaksa harus berutang karena gajinya ternyata tidak mampu mencukupi kebutuhan selama satu bulan. Jadi tak jarang, gaji yang diterima hanya untuk tutup lubang lalu gali lubang lagi.

Bagi yang sudah berumah tangga, mengelola keuangan dengan gaji Rp3 juta memang tidak mudah. Namun dengan perencanaan yang oke, semuanya bisa dilakukan kok!

Yuk, simak cara mengatur keuangan dengan gaji Rp3 juta berikut ini.

1. Mencatat pengeluaran jika kamu merupakan orang yang sudah terbiasa mencatat pengeluaran, maka pertahankan hal ini.

Tetapi, jika kamu belum terbiasa mencatat keuangan, cobalah untuk membiasakan diri dari sekarang.

Pencatatan keuangan ini bertujuan untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran kamu dalam satu bulan. Dengan mencatatnya, kamu dapat mengestimasi anggaran yang tepat.

Pencatatan ini juga berfungsi sebagai rekaman keuangan. Sehingga kamu mengetahui untuk apa saja uang keluar dan dipakai.

2. Sisihkan uang untuk menabung di awal bulan hindari kebiasaan menabung di akhir bulan dari sisa gaji setelah dipotong untuk kebutuhan sehari-hari. Jika begini caranya, dijamin deh kamu bakal susah menyisihkan uang untuk menabung, deh! Alih-alih, sisihkan di awal bulan sesuai alokasi yang kamu tetapkan sebelum gajimu terpangkas untuk hal lain.

Biar enggak tergoda untuk mengambil tabungan maupun dana darurat, simpanlah mereka di rekening yang terpisah dari rekening utamamu. Kalau bisa, manfaatkan rekening bank yang tidak memiliki ATM dan bebas biaya administrasi bulanan.

3. Sisihkan dana darurat cara mengelola gaji Rp3 juta agar kamu tetap bisa hidup layak, selanjutnya adalah dengan menyisihkan dana darurat. Dana ini akan sangat berguna, jika suatu saat kamu jatuh sakit, kecelakaan, menjadi korban bencana, atau mungkin jika kamu tiba-tiba di-PHK dari tempatmu bekerja.

Untuk angkanya, kamu bisa sesuaikan dan perhitungkan sendiri. Minimal, dana darurat ini mampu menalangi kebutuhan hidupmu selama 2-3 bulan ke depan. Sehingga, setidaknya jika dalam sebulan kamu menghabiskan dana Rp2,5 juta untuk bertahan hidup, berarti kamu harus memiliki dana darurat yang harus diendapkan sekitar Rp5-7,5 juta.

Dalam hal ini juga kamu harus konsisten, bahwa uang endapan tersebut tidak boleh kamu gunakan untuk keperluan lain, selain untuk hal-hal yang darurat.

4. Miliki pekerjaan sampingan cara mengelola gaji Rp3 juta selanjutnya, kamu bisa mencari pekerjaan tambahan atau sampingan, selain dari pekerjaan utama. Hal tersebut dilakukan untuk, membantu memenuhi kebutuhan finansialmu yang masih belum sempurna.

Kamu bisa mencari pekerjaan part time, di malam hari, atau pekerjaan freelance yang bisa kamu kerjakan di rumah ketika sedang libur kerja, dan lain-lain. Atau bahkan kamu juga bisa sambil berdagang atau berbisnis kecil-kecilan.

5. Hidup hemat cara mengelola gaji Rp3 juta, ternyata bisa dilakukan secara sederhana juga loh, yakni dengan cara hidup irit. Irit bukan berarti kamu pelit ya. Karena hidup irit di sini adalah dengan memanfaatkan hal-hal yang ada untuk membantu menjaga finansialmu tetap utuh.

Misalnya, dengan cara membawa bekal ke kantor. Selain lebih sehat, membawa bekal juga bisa mengurangi pengeluaranmu untuk konsumsi. Karena, makanan bikinanmu sendiri tentunya akan lebih murah ketimbang makanan beli di luar, dan tentunya lebih higienis juga.

Selanjutnya, hidup irit dengan cara menggunakan transportasi umum kota. Karena saat ini fasilitas trasportasi umum sudah sangat nyaman, murah, dan bisa terintegrasi dengan transportasi lainnya.

Selain itu, dengan menggunakan transportasi umum, kamu juga telah mengurangi tingkat kemacetan, dan polusi udara di kota.(*)

Bagikan:
Yunike Purnama

Yunike Purnama

RELATED NEWS