Gojek Merambah Bisnis Vaksinasi COVID-19

Yunike Purnama - Sabtu, 06 Maret 2021 03:33
Gojek Merambah Bisnis Vaksinasi COVID-19Ilustrasi kendaraan Gojek. (sumber: gojek.com)

Kabarsiger.com - PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) kini menyediakan fasilitas vaksinasi COVID-19 yang dapat diakses melalui fitur GoMed. Perusahaan besutan Nadiem Makarim ini berperan dalam memberikan akses penjadwalan melalui layanan GoMed yang terintegrasi dengan Halodoc.

Dalam alurnya, Gojek akan menyediakan armada mobil di area vaksinasi COVID-19 untuk mendukung peserta yang datang tanpa kendaraan sehingga adopsi protokol kesehatan serta keamanan tetap terjaga.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan sangat mengapresiasi kebijakan dan upaya pemerintah dalam memprioritaskan masyarakat lansia sebagai penerima vaksin.

“Kami berterima kasih pemerintah telah mendukung dan memberi kepercayaan kepada ekosistem kami sehingga kami dapat terus berkontribusi sebagai mitra dalam edukasi terkait COVID-19,” ujarnya dalam keterangan pers seperti yang dikutip pada Jumat (5/3/2021).

Selain itu, Kevin menyampaikan pula penghargaan atas kepedulian negara yang turut memilih mitra pengemudi Gojek untuk masuk dalam fase awal penerima vaksin.

“Kami juga berterima kasih pemerintah telah mengikutsertakan kelompok pekerja transportasi umum termasuk mitra driver online ke dalam kelompok petugas pelayanan publik yang menerima vaksin, sehingga turut andil menekan penyebaran virus COVID-19,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Halodoc Jonathan Sudharta menyebut pihaknya merupakan mitra resmi pertama dan satu-satunya bagi Kemenkes dalam menghadirkan pos pelayanan vaksinasi melalui metode drive thru.

“Kami akan terus memaksimalkan kemampuan kami dalam membantu percepatan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Kami percaya bahwa kolaborasi lintas stakeholder ini dapat membantu pencapaian target yang telah ditetapkan pada tahun ini,” jelas dia.

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan menghadirkan pos pelayanan vaksinasi COVID-19 melalui mekanisme drive thru. Dalam pelaksanaannya Halodoc menggandeng Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi.

Kemudian, ditunjuk pula Rumah Sakit Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator, dan BLU Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi. Program ini sendiri diresmikan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Rabu (3/3/2021).

Selain di Jakarta vaksinasi drive thru tersebar di 11 kota lain di Indonesia. Untuk mengakses layanan ini masyarakat tinggal mengunduh aplikasi Halodoc, kemudian memilih lokasi dan waktu vaksinasi yang tersedia. Informasi Vaksinasi COVID-19 ini juga bisa diakses melalui layanan GoMed di aplikasi Gojek. (*)

Bagikan:
Yunike Purnama

Yunike Purnama

RELATED NEWS