5 Cara Hidup Ngirit Tanpa Perlu Terkesan Prihatin, Ternyata Mudah!

Yunike Purnama - Selasa, 26 Januari 2021 14:23
5 Cara Hidup Ngirit Tanpa Perlu Terkesan Prihatin, Ternyata Mudah!Ilustrasi. (sumber: freepik.com)

Kabarsiger.com - Siapa sih yang gak butuh uang di zaman sekarang? Apalagi semenjak pandemi muncul di dunia ini. Semua orang butuh uang hingga harus bekerja demi mencukupi kebutuhan. Sebenarnya, seberapa pun penghasilan dari kamu, asal bisa mengaturnya dengan baik, pasti cukup kok.

Nah, lantas bagaimana cara untuk mengatur atau ekstremnya ngirit, tapi tanpa perlu kelihatan prihatin dan pelit. Langsung aja yuk simak lima cara berikut ini.

1. Jangan sering ke mall dan lihat sale

Jalan-jalan ke mall sih boleh-boleh saja, namun kalau setiap jalan ke mall lantas membuatmu pasti belanja sesuatu yang hanya memuaskan keinginan belanja kamu, sebaiknya kamu mulai membatasi untuk ke mall.

Papan sale yang dipajang di mall memang bertujuan untuk menarik perhatian kamu sehingga kamu mau membeli karena berpikir itu adalah kesempatan yang jarang terjadi. Namun, kalau setiap diskon kamu belanja, memang penghasilan kamu cukup?

2. Jangan follow akun-akun online shop

Saat ini fenomena online shop sangatlah populer di kalangan masyarakat. Kamu hanya tinggal memainkan gadget kamu dan barang yang kamu beli bisa langsung sampai di rumah. Bahkan memang kadang harga di online shop jauh lebih murah daripada pasaran di toko.

Namun kebiasaan membeli barang di online shop yang keseringan akan membuat penghasilan kamu lama-lama akan terasa kurang. Memang harga barang di online shop lebih murah daripada offline. Namun, kalau tiap hari kamu beli satu barang, bisa tekor juga, 'kan?

3. Saat hendak belanja, catat dulu keperluan yang mau dibeli dari rumah

Mulai sekarang biasakan sebelum berbelanja kebutuhan bulanan, catatlah terlebih dahulu apa saja yang memang dibutuhkan. Pergi ke supermarket dengan tidak tau membeli barang apa yang dibutuhkan, malah membuat kamu bisa membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Nah, jika barang yang menjadi kebutuhan pokok kamu sedang diskon besar, maka kamu boleh lah membeli yang agak banyak, karena kamu memang rutin membutuhkan barang tersebut.

4. Sebelum beli barang pikir dulu seberapa sering kamu akan pakai barang tersebut

Jika kamu sedang belanja, mungkin belanja bulanan atau sekedar menghibur diri, pastikan terlebih dahulu berapa kali kamu akan menggunakan barang tersebut. Jika sudah beli, lantas kamu hanya akan memakainya beberapa kali, untuk apa kamu membuang uang kamu?

Contohnya, jika kamu ingin membeli sepatu berwarna hijau. Dibandingkan dengan sepatu warna hitam yang memang bisa cocok digunakan dengan beberapa warna pakaian, kamu lebih akan sering memakai sepatu warna hitam, bukan? Jadi pertimbangkan hal itu terlebih dahulu, ya.

5. Belajar bedain kebutuhan dan keinginan

Yang terakhir dan akan berguna saat terakhir kamu memutuskan untuk membeli sebuah barang, yakinkan dulu apakah barang itu benar-benar kamu butuhkan atau tidak. Jika kamu sebenarnya bisa membeli barang itu di lain waktu, lebih baik uangnya kamu tabung untuk keperluan yang lebih penting, bukan? Nah, jadi kamu harus membedakan keperluan kamu dengan rasa ingin belanja kamu, ya.

Tentunya kemampuan mengatur keuangan di zaman sekarang sangat penting buat kamu ketahui. Kamu gak akan kekurangan asal income yang kamu dapat itu bisa kamu kelola dengan bijaksana. Selamat mempraktikkannya, ya.(*)

Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS