Sobat Sehat Hadirkan Experience Aplikasi dan Website Laportbc Bersama Pasien

Yunike Purnama - Minggu, 05 Mei 2024 12:32
Sobat Sehat Hadirkan Experience Aplikasi dan Website Laportbc Bersama PasienSobat Sehat kembali menggelar FGD Lapor TBC Penggunaan Kanal Aduan dan Umpan Balik Aplikasi Laportbc (sumber: Yunike Purnama/Kabarsiger)

BANDARLAMPUNG - Organisasi Penyintas TBC (OPT) Sobat Sehat Lampung kembali menggelar FGD Lapor TBC Sosialisasi Penggunaan Kanal Aduan dan Umpan Balik Aplikasi Laportbc bertempat di Poli TB MDR RSUD Abdul Moeloek pada Sabtu, 4 Mei 2024.

Menariknya, kali ini Sobat Sehat menggundang langsung para pasien TB MDR untuk mencoba menggunakan berbagai fitur dari Aplikasi dan Website Laportbc.

Ketua Sobat Sehat Lampung Ardiansyah mengatakan, Tuberkulosis (TBC) masih menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Menurut data Global TB Report 2023, Indonesia menempati urutan ke-2 di dunia setelah India sehingga Indonesia menjadi salah satu negara dengan beban TBC tertinggi.

Ketua Sobat Sehat Lampung Ardiansyah. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

"Hal ini menjadi tugas kita bersama berupaya turut serta berperan memberantas TBC dengan salah satunya memaksimalkan beragam fitur hadirnya aplikasi dan website Laportbc,"papar Ardi.

Kegiatan FGD kali ini diadakan khusus untuk pasien dalam rangka mengenalkan aplikasi dan website Laportbc, diharapkan pasien dapat memanfaatkan berbagai fitur yang ada agar dapat mengakses pengetahuan dan informasi lengkap seputar virus TBC.

Salah satu pemateri Ulfatun Nissa menyampaikan, "Dengan hadirnya aplikasi dan website Lapor TBC memudahkan pasien hanya cukup melalui smartphone sudah dapat mengenali hak pasien, mendapat informasi dan akses fasilitas layanan kesehatan terdekat, terhubung dengan forum hingga melakukan pengaduan baik terkait akses layanan, enabler, stigma dan diskriminasi sampai dengan layanan kesehatan mental,"papar Nissa.

Sellawati salah satu pasien yang menjadi peserta, mengaku berbagai fitur yang ada pada aplikasi Lapor TBC sangat memudahkan pasien mendapatkan beragam informasi.

"Di aplikasi juga ada forum sesama pasien, jadi bisa merasakan perjuangan yang sama dan semangat menjalani pengobatan hingga sembuh, ada juga fitur keluhan selama pengobtan, jadi kalau ada keluhan yang sungkan disampaikan ke pasien supporternya ternyata bisa juga melalui aplikasi ini,"ujarnya.

Pasien mencoba langsung fitur aplikasi Laportbc. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

Kegiatan FGD Sosialisasi Penggunaan Aplikasi dan Website Laportbc ini juga mendapat apresasi dari tim dokter penanggung jawab Poli TB MDR RSUD Abdul Moeloek dr. Ariyanda.

"Terimakasih untuk OPT Sobat Sehat yang sudah memfasilitasi dan memberikan support kepada para pasien melalui kegiatan FGD ini, diharapkan dapat menambah semangat pasien untuk terus menjalani pengobatan hingga sembuh, tidak merasa terdiskriminasi dengan penyakit TBC dan tetap mampu produktif bahkan setelah menjadi penyintas nanti kedepannya," ujar Dokter Ariyanda. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS