Pertamina Sumbagsel Pamerkan UMKM Binaan PUMK Pertamina dalam Festival Parekraf Lampung

Yunike Purnama - Senin, 13 Mei 2024 15:03
Pertamina Sumbagsel Pamerkan UMKM Binaan PUMK Pertamina dalam Festival Parekraf Lampung (sumber: null)

BANDARLAMPUNG - Memulai sebuah usaha bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bukanlah hal yang mudah. 

Produk hasil usaha UMKM yang baru dirintis hanya dapat dijual terbatas di pasaran lokal. Melalui hal tersebut, Pertamina membantu para UMKM khususnya wilayah Lampung Tengah yang merupakan UMKM Binaan Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) Pertamina dibawah naungan Rumah BUMN Pertamina Lampung Tengah.

Rumah BUMN Lampung Tengah merupakan rumah pendampingan dan pembinaan bagi UMKM wilayah Lampung Tengah untuk kemajuan dan keberlanjutan usahanya. Melalui pendampingan tersebut, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel berhasil membawa UMKM Binaan PUMK Pertamina dalam Festival Parekraf Lampung Tahun 2024.

Festival Parekraf Lampung Tahun 2024 merupakan event yang digelar sebagai upaya untuk menghidupkan sektor pariwisata yang menjadi salah satu prioritas pembangunan di Provinsi Lampung. Festival tersebut dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 12 Mei 2024 di Mall Boemi Kedaton, yang berkolaborasi dengan pemerintah dan berbagai komunitas, asosiasi, serta pelaku penggiat-penggiat event.

Adapun berbagai acara yang memeriahkan penyelenggaraan Festival Parekraf Lampung Tahun 2024 ini seperti Lampung Traid Fair, Lampung Tourism Great Sale, Festival Seni Budaya, Talent Show Muli Mekhanai, Talkshow Parekraf, Workshop, Coaching Clinic Parekraf, dan Lampung Fashion Show.

Pertamina sebagai salah satu perusahaan BUMN yang melakukan pengelolaan dan pembinaan terhadap Rumah BUMN, mengikutsertakan UMKM Binaan PUMK Pertamina dalam Festival Parekraf di tahun ini. Hal ini menunjukan bentuk komitmen Pertamina dalam mendukung pergerakan ekonomi masyarakat pada sektor ekonomi kreatif.

Melalui naungan Rumah BUMN Bandar Lampung, membawa 7 Mitra Binaan bersama produknya diantaranya berbagai cemilan khas Lampung dari Marimar, Kopi Kuda Metro, perhiasan perak Java Silver, kerajinan tangan Dafina Craft, Pakaian Khas Lampung Dela Tapis, kue kering KakaNova, dan produk susu kambing Telaga Rizqi.

Di kesempatan yang sama, Pelaku UMKM Kopi Kuda Binaan PUMK Pertamina, Halimah menyampaikan rasa terima kasih kepada Pertamina yang memberikan kesempatan kepada UMKM untuk mengikuti pameran dan memberikan harapannya agar UMKM dapat dikenal oleh masyarakat secara luas.

“Alhamdulillah dengan adanya Festival Parekraf Lampung 2024, Saya merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel yang telah memberikan kesempatan untuk memperkenalkan produk Saya lebih luas lagi sehingga dapat meningkatkan branding UMKM. Harapannya, semoga UMKM makin aktif dan memberikan efek yang positif untuk Pertamina dan masyarakat,” ujar Halimah.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Sumbagsel mengungkapkan bahwa mengikutsertakan UMKM dalam pameran festival merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk memperkenalkan produk UMKM Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel kepada masyarakat.

“Keterlibatan dalam Festival Parekraf ini menjunjung komitmen Pertamina dalam menerapkan Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam mewujudkan kemandirian Mitra Binaan Rumah BUMN dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan dibidang ekonomi kreatif,” tutup Nikho.

Melalui kegiatan ini, Pertamina senantiasa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar dan mendukung pencapaian _Sustainable Development Goals_ (SDGs) nomor 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS